Sabtu, 15 Mei 2010

Mengenal Teknologi Suzuki Satria F150


Teknologi FU150 yang mempunyai engine 150cc ( tepatnya 147cc), 4 tak, DOHC 4 valves, air cooled with SACS (dengan Suzuki Advanced Cooling System), mendorong banyak orang membelinya. Dari sisi cc, FU150 adalah motor bebek sport paling gede dibandingkan motor bebek sport lainnya. Pertama kali menggunakan Suzuki FU150 masih dalam keadaan inreyen, mungkin pagi-pagi agak sulit menyalakankannya. Kick Starter nya kudu 2 -3 kali, baru bisa hidup enginenya. Agak sedikit boros dalam penggunaan bahan bakar ( sesuai lah dengan akselerasinya. Namun dari sisi handling Satria FU150 boleh diacungin jempol. Karena posisi rider agak bungkuk, maka setelah menggunakan FU150, beralih ke moge spotz tidak banyak melakukan penyesuaian. Dari posisi riding, gigi semua mirip dengan moge sportz

Setelah melewati mas inreyen ( 500km ) dan melakukan service pertama baru mulai terasa enteng tarikannya,..Namun karena masih menggunakan oli standard suzuki, tarikan mesin masih agak berat. Nggak puas dengan kondisi ini, ganti oli mesin dengan oli sintetis. Pernah nyoba Petronas Sprinta 5000 dan Agip Racing 4T 10W-60, penggunaan oli sintetis mesin relatif lebih adem, suara lebih halus dan tarikan mesin lebih enteng!

Tp sayang ban standar ( bawaan dealer ) suzuki satria f150 ini kurang stabil pada lintasan basah ato kondisi hujan,.menurut pengalaman saya yg pernah nyungsep pas memakai ban ini saya sarankan mengganti dengan ban standar road race macam FDR XT/XR/MP 90/80-17" ato IRC Razzo 166/221 90/80-17" kenapa saya anjurkan ban ini karena ban tipe ini cengkramannya lebih kuat pada saat menikung atopun pas pengereman dalam kecepatan tinggi walaupun kondisi lintasan yg licin,..

Bahan bakar sangat berpengaruh terhadap akselerasi FU150 jadi di sarankan menggunakan pertamax. Berdasarkan pengalaman saya lebih bagus menggunakan pertamax . Tarikan FU150 akan terasa sekali bedanya daripada menggunakan bensin,.karena banyak saya lihat para pengguna FU150 ini masih menggunakan bensin murni yg kadar octane nya masih di bawah std mesin FU150,..Khawatir akan engine panas karena penggunaan bahan bakar beroctane tinggi ??? dari beberapa engalaman tidak terjadi karena dimbangi dengan penggunaan oli mesin sintetis Petronas Sprinta 5000 maupun Agip 10W-60 yang mempunyai viscositas tinggi.
Kombinasi antara oili mesin, bahan bakar octane tinggi dan ban FDR/IRC standar road race membuat Fu150 mempunyai akselerasi yang baik, dan ditambah kestabilan yang cukup prima. Rem depan dan belakang yang sudah menggunakan cakram, membuat kita lebih pede mengendarai FU150. Mungkin pernah ngalamin melakukan rem mendadak abizzz karena ada kendaraan lain di depan kita yang ngerem mendadak , dalam kecepatan tinggi Fu150 bisa mencengkram dengan baik.. kalau nggak pake rem cakram dan ban std road race diatas.

Untuk keperluan sehari - hari ato sekedar touring kombinasi bahan bakar,engine oil, dan ban standar road race sudah cukup lah,..

1 komentar: